3.2.a.8. Elaborasi Pemahaman – Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

  1. Setelah menonton video tersebut tuliskanlah hal-hal menarik yang anda temukan dari video tersebut yang berhubungan dengan materi kita, yaitu Pemimpin Pembelajaran Dalam Pengelolaan Sumber Daya. Apa peran kita sebagai pemimpin dalam video tersebut ?
  2. Buatlah Pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan mengelaborasi pemahaman anda mengenai materi ini.

Hal menarik yang saya temukan dalam video itu adalah saya melihat dan menyaksikan murid-murid yang hebat, kreatif dan inovatif dan Guru hebat yang berhasil mengarahkan, membimbing dan mendampingi murid-muridnya dalam mengelola aset/sumber daya yang dimiliki oleh sekolah untuk pembelajaran. Dalam video tersebut tampak bahwa sumber daya yang dimiliki oleh sekolah ada 3 aset yang nampak, yaitu modal sumber daya manusia (guru dan murid), modal fisik (ruang kelas dan perpustakaan) dan modal lingkungan/alam (lahan luas untuk bercocok tanam dan pepohonan besar). Terlihat murid-murid sangat bersemangat dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Guru dapat merancang pembelajaran yang dapat merangsang tumbuhnya potensi murid sehingga murid dapat berkreasi sendiri dan berinovasi. Dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah, guru dapat memberikan pengalaman baru dan cakrawala berpikir yang lebih luas lagi kepada murid dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset Based Community Development). Pendekatan Berbasis Aset ini menekankan kepada kemandirian dari suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapinya dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri. Dengan demikian hasil yang diharapkan akan lebih berkelanjutan. Dalam tayangan video tersebut murid-murid SD Inpres Ondo Ondolu SPC Kecamatan Batui Kabupaten banggai Sulawesi, mereka mampu untuk mengeluarkan ide-ide inovatif dan berkreasi. Merekapun dapat berkolaborasi dengan baik bersama teman-temannya untuk melakukan suatu perubahan di sekolah mereka dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada dalam diri mereka sendiri. Guru dan murid dapat mengelola lingkungan/alam sehingga dapat bermanfaat dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Peran Guru sebagai pemimpin dalam video tersebut adalah :

  1. Menggali dan mengembangkan potensi/kekuatan yang dimiliki oleh setiap murid
  2. Merancang pemetaan potensi yang dimiliki sekolah dengan menggunakan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (Asset Based Community Development).
  3. Memberikan edukasi kemandirian dan tanggung jawab kepada murid untuk melakukan perubahan yang positif yang ada pada diri mereka sendiri.
  4. Mendorong adanya kolaborasi atau kerja sama yang baik antar sesama murid dalam pemanfaatan sumber daya di lingkungan sekolah sebagai upaya melakukan perubahan yang positif.

Pertanyaan-pertanyaan lanjutan yang akan mengelaborasi pemahaman saya mengenai materi ini yaitu :

  1. Strategi apa yang dapat dilakukan sebagai pemimpin pembelajaran agar semua murid dapat muncul dan mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya lain yang dimiliki oleh sekolah?
  2. Bagaimana cara untuk dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di sekolah dengan menggunakan BAGJA dan pendekatan Pengembangan Komunitas Berbasis Aset?
  3. Tahapan-tahapan apa yang harus dilalui agar pengelolaan sumber daya di sekolah benar-benar dapat bermanfaat dan dapat meningkatkankan kualitas sekolah ?

Terimakasih, Salam Guru Penggerak Angkatan 4

Posted on Mei 28, 2022, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar